Ngolah Gaji ala TKI

Wednesday, July 02, 2014

Gaji tidak pernah datang sendirian.
Iya selalu datang bersama teman teman nya bernama tagihan.
Haha :D
Lagu lama yg ngak pernah pudar
Gaji
Satu kata yg sedikit riskan untuk ditanyakan.
Berapa gajimu??
Pasti rikuh mau jawabnya gimana.
Well... tapi aku ngak mau ngebahas itu.
Seberapa besar gajimu. Akan kalah dengan gaya hidup yang kamu terapkan.
Manage your income wisely.
That is the key.
Aku sebagai seorang TKI.
Yang bekerja di Western Digital Malaysia.
Termasuk beruntung karna gaji yang kuterima
Masih bisa mencukupi gaya hidup ku.
Termasuk
1. Transfer keluarga dikampung
2. Uang makan
3. Uang kuliah
4. Uang keperluan sehari hari
5. Uang sedekah
6. Dan uang belanja a.k.a shoping
Daftar kebutuhan yang aku sebutkan diatas adalah gaya hidup yang aku terapkan.
Mulai dr kebutuhan primer sampai sekunder
Mungkin ada yang setuju atau engga setuju.
Tapi who care...?? Ini duit aku. Dan aku punya kuasa penuh untuk mengaturnya.
Begitu juga dengan kalian.
♡♡♡♡
Ketika kita memperoleh gaji. Ini merupakan tantangan mnrt ku. Bagaimana kita harus mengelola keuangan dengan bijak.
Yang harus dilakukan.
* Hitung semua gaji atau uang yang ada ditanganmu pas time gaji.
* Tulis kebutuhan yang primer dulu.
* Mulai mengkotak kotak kan uang mu. Siapkan beberapa dompet kalau perlu.
1. Transfer uang ke kampung. Yang satu untuk kebutuhan orang tuamu. Yag kedua untuk ngisi rekening tabunganmu. Tak kan mungkin merantau jauh jauh ke malaysia tapi ngak ada tabungan. Malu dong sama ayam.... :D
2.  Uang makan. Kamu diwajibkan mampu untuk menentukan berapa uang makan yg kamu butuhkan selama periode gaji. Initinya kamu butuh berapa duit untuk menyambung nyawa sampai gaji depan. Dan kedisiplinan diuji disini. Irit bukan berarti pelit lo... boleh makan di resto mahal. Tapi ya ngak tiap hari kan...???? Think again.
3. Uang kuliah. Nah... bagi yang kerja sambil kuliah kayak aku. Ini juga penting. Anak kuliahan ini banyak kebutuhan. Liat buku bagus naksir. Liat alat tulis baru langsung angkat. Dan biaya tak terduga lainya. Jd menyisihkan beberapa itu wajib bagiku.
4. Keperluan sehari hari. Cewek ni kayak aku. Heu heu. Mulai dr alat mandi. Alat make up. Kebutuhan kecil seperti sprei baru. Pewangi baju. Dan you know what. Being a girl is so expensive. 
Di cek dulu mana barang yang kira kira abis. Nah.. sisihkan uang untuk beli keperluan itu.
5. Uang sedekah. Tabungan di akhirat. Ingat 2.5% hartamu adalah milik orang lain. Nanti kalo dialam kubur ditagih ama malaikat gmn?? Apa kalian ngak takut?? Hayoooooo
6. Uang belanja atau shoping. Kalau ada duit lebih. Ingat saudara saudara.....!!!! Kalo duit lebih. Jangan memaksakan kehendak. Baju sepatu dan tas memang sangat menggiurkan. Aku pun merasakannya. Tapi kita sbg wanita harus bisa menjadi smart shopper.
(Mungkin saya harus nulis artikel ttg smart shopper deh) atatatata.....
Itu menurut saya.
Boleh diikuti boleh enggak.
Tapi alhamdullilah dengan mengikuti prinsip pengelolaan saya itu.
Hidup saya sehat dan seger waras.
Jarang kesulitan finansial.
Kalo kesulitanpun pasti ada alasanya.
Ntah kebutuhan mendadak yang tak terduga.
Kita sebagai seorang wanita. Dituntut manjadi seorang yang bijak dan lihai dalam mengatur keuangan.
Itung itung belajar kalo udah berkeluarga nantinya. :D
Manage your income wisely.. ^^
Emma Keciel Mungiel.
Hanya seorang TKI kecil.
Dan juga mahasiswi tingkat akut.
^^

You Might Also Like

2 komentar

  1. kalo aku sih dapat gaji nya kecil tapi pinjaman nya yang besar, jadi gak lunas-lunas utang nya haaa haaa

    mantep deh tips nya. boleh di tiru :)

    ReplyDelete

Communities

Blogger Perempuan