Surat Ar-Rohman dan Sosmed User Kekinian

Sunday, November 22, 2015

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?”
 
Sebagai aktivis di sosial media pernah ngak sih kamu membaca ataupun terbaca Quotes yang kayak gitu? Kalaupun tidak sama persis, mungkin hampir mirip. Puluhan bahkan ratusan orang telah menuliskan kalimat itu dalam akun sosial medianya, di FB, Tweet, Tumblr bahkan You Tube lengkap dengan vidio grafi tetang surat ini. 

Kadang Sosmed User menggunakan kalimat ini untuk mengungkapkan rasa syukur atas apa yang diberikan Tuhan kepadanya, ya kayak lulus wisuda, jalan jalan ketempat yang bagus diberi kesempatan dapat beasiswa keluar negri dan banyak lagi ataupun untuk penyemangat hidup mereka. 
Contohnya seperti ini...


Ngak ada yang salah sih sebenarnya dengan apa yang mereka lalukan. Aku pribadi juga pernah nulis quote kaya gitu di sosmed. Tapi waktu itu aku belum ngerti semua ayatnya palingan awalnya sama kalimat itu aja dan makna dari surat tersebut juga belum faham. Cuma jatuh hati aja ama kaliamatnya terus ngeshare sana sini, ya hampir mirip lah sama Sosmed kekinian lainya. (Tapi saya kaga pake nginjek nginjek bunga Amerlis yang dijogja itu ya ) Semakin kesini aku semakin penasaran sama surat ini. So... reading journey dimulai !

Pertanyaanya, taukah kalian tulisan itu dari mana asalnya ? 
Dan taukah kalian bahwa kalimat tersebut diambil dari Surat Ar-Rohman dalam kitab suci Al-Quran.

Banyak sekali orang yang menjadikan surat dengan nomor urut 55 di Al-Quran ini sebagai surat favorit. Kebanyakan menjawab karena makna yang tersirat didalamnya sangat mengena dihati. ditambah lagi susunan ayat yang indah dan unik. Ada yang bilang lagi, di surat ini banyak mengulang ayat yang artinya, “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?” mengandung makna yang penuh kesyukuran. 

That's it ! 


Kalimat "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan" diulang-ulang sebanyak 31x atau sekitar 40% dari jumlah keseluruhan. Apa gerangan makna kalimat tsb ?
 
[55.1] (Tuhan) Yang Maha Pemurah, [55.2] Yang telah mengajarkan Al Qur’an . [55.3] Dia menciptakan manusia, [55.4] Mengajarnya pandai berbicara. [55.5] Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan. [55.6] Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya. [55.7] Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan). [55.8] Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
(Tuhan) Yang Maha Pemurah, [55.2] Yang telah mengajarkan Al Qur’an . [55.3] Dia menciptakan manusia, [55.4] Mengajarnya pandai berbicara. [55.5] Matahari dan bulan (b

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
[55.1] (Tuhan) Yang Maha Pemurah, [55.2] Yang telah mengajarkan Al Qur’an . [55.3] Dia menciptakan manusia, [55.4] Mengajarnya pandai berbicara. [55.5] Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan. [55.6] Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya. [55.7] Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan). [55.8] Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. [55.9] Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
[55.1] (Tuhan) Yang Maha Pemurah, [55.2] Yang telah mengajarkan Al Qur’an . [55.3] Dia menciptakan manusia, [55.4] Mengajarnya pandai berbicara. [55.5] Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan. [55.6] Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya. [55.7] Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan). [55.8] Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
Setelah Allah menguraikan beberapa nikmat yg dianugerahkan kepada kita dalam ayat ayat sebelumnya, lalu Allah bertanya : 

“Maka Nikmat Tuhan-mu yang manakah yang Kamu Dustakan’?”


Inilah ayat yang harus menyadarkan kita pada pentingnya kesyukuran, jangan mudah ngeluh, iri hati atau sejenisnya. Allah telah memberi begitu banyak rahmatnya kepada kita. 

Tertarik untuk baca surat Ar-Rohman...? Buruan buka Al-Quran nya, baca dan pahami artinya biar ngak cuman jadi "Sosmed User Kekinian" aja tapi ilmunya juga dapat. 
kalau ngak bisa kunjungi laman ini. 

Credit image Ar-Rahma on Tumblr
(Tuhan) Yang Maha Pemurah, [55.2] Yang telah mengajarkan Al Qur’an . [55.3] Dia menciptakan manusia, [55.4] Mengajarnya pandai berbicara. [55.5] Matahari dan bulan (b

Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulC

You Might Also Like

5 komentar

  1. itu juga surat favorit saya loh :D

    ReplyDelete
  2. Aduhui say. Ini tulisan blm selesai tp udah ke post ^^

    Anyway emang suratnya mak jleb banget :)

    ReplyDelete
  3. You want to be happy and successful , please read and understand the contents of the reading
    Surat Yasin
    Asmaul Husna
    Surat Al Mulk
    Surat Ar Rahman
    Thank You

    ReplyDelete
  4. How to cope with fever and body ache with herbal medicine QNC gamat jelly can help heal or cope with chills and body aches naturally and quickly.

    ReplyDelete

Communities

Blogger Perempuan